Tips Merawat Ban Mobil Agar Tetap Awet

Ban mobil menjadi salah satu komponen yang harus selalu diperhatikan kualitasnya, oleh karena itu Ottoman semua harus merawat ban mobil agar tetap awet dan terjaga agar nyaman dan aman dalam berkendara. Berikut tips dari Om Otto nih :

1. Cek tekanan angin secara berkala

Tekanan angin harus sesuai dengan standar penggunaannya. Disarankan mengecek tekanan angin dalam ban tiap minimal 2 minggu sekali. Petunjuk tekanan angin ban biasanya ada dibalik pintu pengemudi.

2. Periksa keseimbangan ban

Dengan cara spooring & balancing. Hal ini harus dilakukan secara berkala untuk memastikan keamanan berkendara. Spooring & balancing bisa dilakukan saat pergantian ban baru, rotasi, atau jika ban bergetar saat mencapai kecepatan tertentu.

3. Jangan kelebihan beban barang bawaan

Beban yang berlebihan bisa mengakibatkan ban mobil jadi cepat rusak. Hal ini sangat berbahaya & bisa menimbulkan kecelakaan. Biasanya ada kode pada bagian ban mengenai kapasitas beban yang bisa ditahan ban tersebut

4. Menukar posisi ban mobil

Ban depan lebih rentan terkena gesekan. Ban belakang umumnya hanya mengikuti laju mobil & terkena gesekan yang minim. Hal ini dilakukan untuk memperpanjang umur pemakaian ban. Disarankan menukar posisi ban depan ke belakang tiap kurang lebih 5.000 – 10.000 km.

5. Gunakan nitrogen untuk pengisian angin ban

Nitrogen menjaga kondisi ban tetap dingin meski bergesekan dengan aspal. Nitrogen juga membuat tekanan angin dalam ban lebih stabil sehingga tidak mudah kempes.

Jika Ottoman & Ottoladies ingin membeli ban GT Radial bisa klik disini
Dapatkan promo ban GT Radial & Michelin untuk GRAB Benefit
Bingung untuk pilihan ban yang cocok untuk mobil kamu silakan hubungi CS



OttobanGO

Artikel Lainnya

Promo Ban & Velg

Chat
Anda Butuh bantuan ?
Hallo ada yang bisa kami bantu ?