Lebih Bahaya Ban yang Kurang Angin atau Kelebihan Angin?

Jika ottoman berkendara dengan mobil, ban merupakan komponen penting karena menapak langsung dengan aspal. Selain itu, ban juga perlu diperiksa tekanan udaranya, apakah kurang atau lebih dari rekomendasi pabrikan. Mengetahui tekanan udara ban yang sesuai rekomendasi pabrikan bisa dilihat dari stiker dekat engsel pintu pengemudi. Jika mengisi tekanan udara ban, perlu diperhatikan, karena ada efek tersendiri jika kurang atau lebih. Namun, jika dalam kondisi tidak ideal, sebenarnya kondisi mana yang lebih bahaya, apakah ban dengan tekanan udara kurang atau lebih?

Nah salah satu penyebab terjadinya kecelakaan adalah karena ban tiba – tiba meletus dan membuat laju mobil tidak stabil atau karena tekanan ban tidak sesuai standar. Nah, kecelakaan seperti ini sebenarnya bisa aja dihindari dengan selalu memperhatikan kondisi tekanan ban. Upayakan selalu tekanan ban tidak kelebihan atau kekurangan alias kempes. Karena kelebihan atau kekurangan angin bisa berdampak buruk pada pengendara ottoman. 

Jika tekanan angin pada ban lebih tinggi dari yang seharusnya, maka ban akan kehilangan daya cengkramannya. Hal ini akan mengakibatkan ban menjadi selip dan mudah tergelincir. Selain itu, karena daya cengkram yang menurun tadi, maka torsi pun akan berkurang. Alhasil, selain selip bahan bakar pun cendrung menjadi lebih boros. Ban yang kelebihan angin juga menurunkan sifat lenturnya. Ini tentunya akan memberikan ketidaknyamanan ketika berkendara. Satu lagi nih ottoman, ban kelebihan angin juga akan gundul bagian tengahnya.

Itu kalau kelebihan angin ottoman, beda lagi bahaya yang ditimbulkan jika tekanan angin pada ban berkurang alias kempes. Ban yang kurang angin bisa menyebabkan ban mudah meletus. Sebab, tekanan angin yang kurang akan membuat side wall rusak. Jika ini dibiarkan terlalu lama, ban berpotensi pecah karena side wall gak bisa lagi menopang ban. Nah ban kempes juga membuat setir menjadi lebih keras loh.

Nah, kira – kira menurut ottoman  dari deretan resiko diatas, mana resikonya lebih besar? Kelebihan tekanan angin atau ban kempes? Kalau menurut Ane sih lebih bahaya ban kempas GanSis. Kerena kalau ban udah meletus, itu lebih susah ngontrol nya. Kalau menurut kalian gimana?

Nah ottoman harus di catat nih karena setiap pabrikan biasanya memiliki rekomendasi tekanan ban yang berbeda, jadi ottoman harus memastikan rekomendasi yang diberikan pabrikan.

Ingin mendapatkan info menarik seputar velg & ban mobil ? yuk follow instagram kami @ottobanindonesia

Kalian juga bisa langsung order melalui WhatsApp Only :
+62 811-1966-228
+62 812-1290-4874

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA