Kenali Penyebab Memperpendek Umur Ban

Ban mobil memiliki peran yang penting pada sebuah kendaraan dan menyangkut pada keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Ban harus selalu diperhatikan kondisinya karena selalu berhubungan dengan permukaan jalan, jika ban sudah mengalami keausan atau botak harus segera diganti dengan ban yang baru. Jika dibiarkan terus menerus akan mengurangi performa dari ban tersebut, seperti daya mencengkram dan yang paling berbahaya adalah ban dapat meledak. Jadi apa saya sih penyebab yang dapat memperpendek umur ban?

Jika ban mobil sudah mengalami keausan yang sangat cepat, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Yaitu kurangnya tekanan angin, ini menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada umur ban, jika ban mobil jarang diperhatikan akan memiliki umur lebih pendek. Di dalam ban terdapat kawat dan jika kurang tekanan angin kawat tersebut akan lebih menambah beban. Tekanan angin juga berpengaruh terhadap keauan ban secara tidak rata dibagian dinding luar ban akan lebih cepat mengalami keausan. Seharusnya tekanan angin tidak terlalu tinggi ataupun rendah, ukuran tekanan angin dapat dilihat pada pilar ban.

Selanjutnya mobil yang tidak pernah melakukan spooring dan balancing juga sangat berpengaruh kepada kondisi ban bagian depan dan belakang tidak dapat berjalan lurus kedepan. Selain itu dapat juga berpengaruh terhadap kaki-kaki mobil mobil.

Nah selanjutnya gaya berkendara. Gaya berkendara ternyata juga berpengaruh terhadap faktor memperpendek umur ban karena terlalu sering melakukan rem mendadak. Dengan hal yang sepele seperti itu saja ternyata sangat berpengaruh besar terhadap keausan ban. Kebiasaan dalam rem mendadak sangat berpengaruh terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Ada satu lagi nih Ottoman, ternyata jika membawa beban yang melebihi batas ban juga mempengaruhi faktor memperpendek umur ban loh. Ban memiliki batas beban maksimum dan jika melebihi batas tersebut ban akan cepat rusak. Melihat beban maksimum terdapat di dinding ban. Berbeda hal nya dengan beberapa kendaraan yang memang sebagai pengakut, ban tersebut memiliki beban maksimal yang lebih besar dibandingkan kendaraan pada umumnya.

Apabila memang sudah waktunya untuk mengganti ban mobil kalian harus segera diganti ya Ottoman, karena untuk keamanan dan kenyamaman kalian juga saat berkendara. Selain itu selalu lakukan pemeriksaan terhadap ban mobil secara rutin juga sangat penting. Mulai saat ini Ottoman harus lebih bijak lagi dalam merawat ban mobil karena ban merupakan komponen terpenting dalam sebuah kendaraan.

Oh iya, kalau kalian ingin mengganti ban mobil kalian bisa langsung aja ke seluruh toko cabang Ottoban Indonesia diberbagai kota seperti Jabodetabek, Bali, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, dan Palembang. Atau kalian juga bisa langsung saja kepoin instagramnya @ottobanindonesia dan @catalogvelg.ottoban dan bisa hubungi melalui WhatsApp kita ke +62 813-1179-0153 dan +62 812-1290-4874.

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA