KENALI MATERIAL VELG

Bagi pecinta modifikasi tentunya Ottoman sudah tak asing jika melakukan penggantian velg dan tentu saja akan sangat perlu dilakukan. Namun bukan hanya itu saja, velg mobil juga menjadi salah satu komponen pada mobil yang juga bisa berpengaruh pada performa. Jadi dengan pemilihan yang tepat dapat membuat akselerasi dan juga handling lebih baik. Sebelum menyoroti masalah tersebut, mari kita simak mengenai jenis velg mobil berdasarkan bahan material yang digunakan.

VELG CARBON

Material satu dibuat dengan bahan material Carbon fiber dan dikenal ekslusif. Velg dengan bahan tersebut merupakan kasta tertinggi dan mempunyai bobot ringan serta sangat kuat. Bahkan bahan tersebut seringkali digunakan pada pembuatan chassis bodi yang diberikan pada supercar. Untuk harganya pun terbilang cukup mahal dan proses pembuatannya juga tidak semudah memakai bahan alloy dan lainnya.

VELG BAJA

Material velg ini terbuat dari bahan kaleng dan penasaran dibuatnya. Nah bagi yang belum tahu tidak perlu penasaran lagi, karena velg tersebut menggunakan bahan material steel. Penyebutan tersebut dikarenakan dari segi bentuk yang mirip dengan kaleng. Namun sebenarnya bahan pembuatannya ialah material besi yang dipadukan dengan karbon. Dan bahan ini menjadi salah satu yang terkuat apabila dibandingkan dengan bahan pembuatan velg lainnya. Namun hal tersebut berdampak pada berat yang dimiliki sehingga bisa berpengaruh dengan performa kendaraan.

VELG ALUMINIUM

Material velg dengan bahan aluminium yang dimana sering dikenal dengan nama alloy. Velg dengan bahan material alloy sedang populer saat ini. Adapun pembuatannya merupakan hasil perpaduan antara nickel, magnesium dan aluminium sehingga mempunyai daya tahan yang cukup kuat dengan berat yang tergolong ringan. Tidak hanya itu, velg alloy mempunyai bentuk desain yang bervariasi dan banyak sehingga tidak heran jika sedang trend.

VELG MAGNESIUM

Jenis velg mobil berdasarkan bahan material selanjutnya adalah magnesium. Yang mana untuk jenis ini sangat jarang sekali ditemui karena memang tidak sepopuler velg dengan bahan alloy. Padahal untuk velg ini mempunyai bobot lebih ringan dengan kekuatan yang lebih dibandingkan aluminium. Ditambah lagi untuk velg jenis ini dapat meredam panas dari rem dan guncangan sangat baik. Namun mengapa tidak banyak digunakan pada kendaraan? Hal tersebut dikarenakan velg magnesium sangatlah rentan akan korosi. Oleh sebab itu velg jenis ini lebih sering dipakai pada saat balapan.

Leave a comment

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA