Tips Memilih Velg Mobil yang Tepat!

Pasti banyak dari para Ottoman yang masih bingung dan menginginkan mobil tampilan berbeda untuk kendaraannya. Salah satu cara bisa diambil ialah mengganti velg. Velg mobil merupakan komponen yang sangat penting dan akan sangat berpengaruh pada performa kendaraan. Modifikasi velg mobil dengan mengganti sesuai selera masing-masing kerap kali dilakukan oleh para pemilik mobil. Namun, masih banyak ditemukan orang yang masih memaksakan untuk melakukan perubahan pada velg untuk mengejar keindahan mobil tanpa memikirkan efek buruk yang ditimbulkan. 

Ottoman pasti tau kalo velg itu merupakan komponen yang sangat penting dan jika salah memilih bisa berakibat fatal terhadap performa kendaraan. Agar tampilan mobil tetap keren tanpa menghilangkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara, berikut Om Otto kasih tips memilih velg yang tepat!

1. Setiap velg memiliki batas maksimum beban (Load Maximum) karena itu berat beban perlu disesuaikan dengan load maximum pada velg. Jangan lupa Ottoman harus tanyakan ahli dalam modifikasi velg mobil agar mendapat perhitungan yang tepat. 

2. Ketika melakukan modifikasi velg mobil jangan mengganti velg dengan diameter terlalu besar, maksimum 2 step atau dua inci lebih besar dari velg standar. Karena penggantian velg dengan diameter lebih besar akan membuat kendaraan lebih tinggi dan menyebabkan ban berhimpitan dengan fender/spakbor.

3. Perhatikan spesifikasi baut yang diperlukan saat modifikasi velg mobil. Ada mobil menggunakan velg dengan empat baut, ada yang lima baut. Ukuran baut ini biasanya dikenal dengan istilah PCD (Pitch Circle Diameter) yang mempunyai arti jarak lubang baut pada velg. PCD biasanya tertulis 4×100, 4×114,3, 5×114,3, atau 5×112. Angka “4” atau “5” berarti jumlah lobang baut, sementara angka “100”, “114,3, atau “112” menunjukkan jarak diameter antara baut dengan satuan milimeter (mm). 

Dalam modifikasi velg mobil, lebar dari velg sebaiknya dipertimbangkan supaya tidak berpengaruh terhadap kaki-kaki. Jika lebar velg terlalu ekstrim maka beresiko bibir velg atau ban menyentuh bagian dalam fender.

4. Berat atau ringan sebuah velg tidak menentukan produk tersebut baik atau tidak karena pabrikan sudah menghitung keseimbangan tiap fungsi di dalam mobil, termasuk velg. Jika memilih modifikasi velg mobil dengan cat berwarna Polish, perhatikan dibagian ujung pertemuan antara cat dan polish. Jika ada garis halus putih, berarti sudah ada bagian cat yang terkelupas.

5. Untuk mengetahui kualitas velg, dalam memilih velg mobil bisa diuji dengan cara menggantungnya dengan karet dan memukulnya dengan obeng untuk mengetahui bunyi (dengung), velg yang bagus memiliki bunyi halus tapi bertahan lama, sedangkan velg dengan material dan pemrosesan yang buruk akan berbunyi keras tapi dengungnya sangat singkat. Oleh karena itu jangan sampai salah dalam modifikasi velg mobil karena akan berpengaruh pada kekuatan velg itu sendiri.

Nah Itulah Ottoman Tips memilih velg yang tepat! Jangan sampai Ottoman keliru dalam memilih velg ya, Jika Ottoman ingin mengetahui lebih banyak informasi terkait velg dan ban bisa langsung hubungi Om Otto melalui WhatsApp Only : +62813-1179-0153 & +62812-1290-4874

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA