Terlalu Lama Parkir Mobil Digarasi Akan Berbahaya, Mitos Atau Fakta?

Saat ini seluruh dunia sedang mengalami pandemic yaitu covid-19 termasuk di Indonesia. Sesuai dengan himbauan pemerintah bahwa masyarakat harus melakukan work from home dan mengurangi aktivitas diluar rumah seperti beribadah, sekolah, sampai bekerja. Hal ini berdampak keseluruh sektor ekonomi masyarakat, dan hal ini juga berdampak kepada dunia otomotif saat ini terutama mobil kendaraan pribadi.

Hal ini menjadi fokus utama yang berdampak bagi pengendara karena dapat menimbulkan berbagai kerusakan yang muncul. Muncul lah berbagai mitos dan fakta pada masyarakat, terutama mitos mengenai bahwa mobil yang diparkir terlalu lama dapat berbahaya bagi mobil.

Yang pertama ada pada posisi setir harus lurus pada saat parkir, hal ini akan menyebabkan suspensi bocor, kaki-kaki tidak balance, dan power seetring akan rusak. Hal ini benar akan terjadi jika sudah memiliki sistem Electronic Power Steering (EPS). Saat parkir mobil posisi ban memang harus dalam kondisi lurus dan belok jika diperlukan untuk mencegah mobil bergerak saat tanjakan dan turunan.

Kedua, kaca mobil harus dibuka sedikit jika diparkir terlalu lama. Hal ini benar adanya karena jika didiamkan dengan lama digarasi akan memunculkan sirkulasi udara dan berpotensi mobil mengalami kerusakan. Membuka kaca jendela tidak harus terlalu lebar, cukup sedikit saja agar udara masuk.

Ketiga, angkat wiper saat parkir dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat dipastikan faktanya, karena cara ini dilakukan agar karet wiper mobil awet dan selalu terjaga dalam kondisi yang bagus. Keempat, mobil harus sering dipanaskan setidaknya lima menit setiap hari agar aki mobil tidak lemah.

Yang terakhir, ban mobil dapat kembes dengan sendirinya juga merupakan hal yang wajar. Ini disebabkan oleh adanya perubahan suhu udara, permukaan tanah, dan sebagainya. Ketika suhu udara sudah mengalami penurunan saat malam hari, maka tekanan suhu dalam ban juga akan mengalami penurunan.

Selain itu, fakta bahwa parkir digarasi yang terbuka dan terjemur langsung oleh matahari akan memberikan dampak kepada cat mobil yang terkelupas secara terus menerus. Hal lain yang dapat merusak mobil ketika sering kehujanan, dan akan menyebabkan dampak negatif terhadap kaca dan body mobil yang akan menimbulkan jamur jika tidak dibersihkan. Disarankan jika memang parkir digarasi yang terbuka, menggunakan sarung pelindung mobil agar selalu aman dari segala macam resiko kerusakan.

Berita mitos atau fakta memang tidak pernah habis diperbincangkan, oleh karena itu kita harus bisa menyikapi dan mencari kebenarannya dengan baik dan jelas. Karena penting sekali untuk melakukan perawatan kepada mobil kalian ya Ottoman. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kalian Ottoman dalam mengetahui antara mitos dan fakta seputar dunia otomotif. Jangan lupa juga untuk datang ke toko Ottoban Indonesia sesuai dengan kota kalian, atau langsung saja kepoin @ottobanindonesia dan @catalogvelg.ottoban dan bisa hubungi melalui WhatsApp kita ke +62 813-1179-0153 dan +62 812-1290-4874.

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA