Home » Blog » Tau Gak Sih Sejarah Ban dan Velg?

Tau Gak Sih Sejarah Ban dan Velg?

Perkembangan zaman saat ini membuat kendaraan berkembang pesat terutama mobil. Jika mobil tidak memiliki roda atau ban, mobil hanya menjadi pajangan yang tidak dapat digunakan untuk berpergian. Sampai saat ini ban dan velg terus berkembang sampai memiliki berbagai jenis yang berkualitas tinggi. Ottoman tau gak sih bagaimana sejarah roda atau ban dan velg ditemukan?

Roda atau ban merupakan objek yang berbentuk lingkaran yang dapat menghasilan gerakan dengan gesekan kecil dengan cara bergulir. Roda ditemukan sekitar tahun 3500 SM oleh bangsa Sumeria atau Irak. Roda digunakan pertama kali untuk membuat gerabah atau sebagai alat angkut yang pada saat itu permukaan jalan tidak rata dan berlubang. Roda berbentuk seperti rol kayu yang dihubungkan poros antara roda dengan yang lainnya. Roda semakin berkembang sampai digunakan untuk kereta kuda yang telah dibuat lebih lebar. Seiring dengan perkembangan zaman, roda menjadi alat yang sangat diandalkan oleh manusia dan sampai saat ini telah menjadi kendaraan pribadi manusia.

Lalu pada tahun 1839, Charles Goodyear menemukan sebuah vulkanisasi karet yang nama tersebut dijadikan sebagai perusahaan besar yaitu Goodyear Tire and Rubber Company. Kemudian pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban berongga udara yang terus berkembang sampai saat ini. Mereka menciptakan tiga jenis ban yaitu, ban bias yaitu berbentuk zig-zag yang membentuk sudut 40 sampai 65 derajat pada lingkaran ban, ban radial yaitu ban yang memiliki bentuk sudut 90 derajat pada lingkaran ban, dan ban tanpa tube yaitu ban yang dirancang gtanpa memiliki ban dalam.

Ban merupakan peranti yang menutupi velg suatu roda yang berfungsi untuk menggerakan kendaraan, mengurangi getaran pada permukaan jalan yang tidak rata, dan memberikan kestabilan saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Tidak menutup kemungkinan bahwa ban akan mengalami kerusakan atau aus, hal tersebut wajar terjadi dan harus memperhatikan kedalaman alur telapak ban sekitar 1,6 milimeter jika sudah melebihi ban harus segera diganti.

Tanpa disadari saat ini tidak hanya ban yang telah berkembang, tetapi muncul inovasi terbaru yaitu velg. Velg atau biasa disebut “rim” merupakan sebuah lingkaran yang berbentuk logam untuk bagian dalam dari ban sudah terpasang pada kendaraan. Pada tahun 1924, velg dibuat pertama kali dari bahan baja dengan sebutan steel wheel dan terus berkembang sampai ke bahan alumunium. Saat ini velg mempunyai dua jenis, yaitu pressed steel disch wheel dan cast light alloy disc wheel.

Velg memiliki fungsi sebagai dudukan pada kendaraan untuk menopang beban kendaraan. Tidak heran sampai saat ini dalam dunia otomotif velg terus menjadi barang populer yang selalu digunakan untuk melakukan modifikasi mobil. Dengan mengganti velg akan membuat tampilan mobil Ottoman lebih menarik dan berbeda dari yang lainnya. Dengan adanya berbagai jenis, model, dan tipe dari velg membuat Ottoman bebas memilih velg sesuai dengan kebutuhan dan selera untuk memberikan tampilan menarik pada mobil kesayangannya.

Menarik kan Ottoman sejarah dari ban dan velg? Nah segitu saja penjelasan singkat mengenai sejarah dari ban dan velg. Semoga informasi diatas bermanfaat ya untuk kalian yang penasaran bagaimana sejarah ban dan velg.

Kalian juga bisa melakukan pembelian ban mobil di seluruh toko cabang Ottoban Indonesia diberbagai kota.

Untuk mendapatkan info ter-update dari Om otto kalian bisa follow instagram kami di @ottobanindonesia & @catalogvelg.ottoban

Informasi ter-update tentang kendaraan bisa akses youtube channel kami di @ottobanindonesia

Bingung untuk pilihan ban yang cocok untuk mobil kamu silakan hubungi CS

Dapatkan promo harga ban GRAB Benefit untuk ban GT Radial & Michelin.



OttobanGO

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn

Search

Blog Kategori

We Are in social

Recent Post
Video Rekomendasi
Promo Velg & Ban
Chat
Anda Butuh bantuan ?
Hallo ada yang bisa kami bantu ?