Seberapa Penting Spooring dan Balancing?

Untuk keamanan dan kenyamanan saat berkendara sangat diperlukan barang dengan kualitas terbaik dan perawatan secara rutin. Nah, salah satu perawatan rutin yang harus dilakukan mobil yaitu spooring dan balancing. Tujuannya agar mobil tetap berjalan dengan lurus. Spooring merupakan proses untuk meluruskan keempat roda pada mobil sesuai dengan standar.

Sementara  balancing merupakan penyesuaian untuk menjaga keseimbangan pada titik atas bawah dan kanan kiri roda, dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang. Berupaya untuk menyamakan berat dari keempat ban. Hal ini dilakukan pada saat penggantian ban atau velg, dan dilakukan jika kilometer yang dicapai sudah mencapai batas maksimal. Dianjurkan untuk melakukan pengecekan jika sudah 10.000 – 20.000 km atau tiga bulan sekali.

Lalu apa saja sih Ottoman dari tanda-tanda mobil yang sudah seharusnya melakukan spooring dan balancing?

Jika mobil yang Ottoman gunakan sudah terasa mobil berat ke kiri atau kanan, setir yang bergetar pada saat kecepatan rendah dan tinggi, setir yang dibelokan tidak mau kembali berputar pada posisi semula, mobil seakan berbelok sendiri saat lurus ke depan, permukaan roda sudah tidak rata lagi, mobil yang dikendarai berjalan miring, ban terlihat miring saat parkir, ban belakang tidak lurus sejajar dengan bagian belakang dan harus diamati dengan mengambil jarak beberapa meter. Hal-hal tersebut merupakan tanda-tanda bahwa mobil Ottoman harus segera di spooring dan balancing. Penyebab mobil akan mengalami gejala kerusakan seperti itu karena sering melewati permukaan jalan yang tidak rata dan berbatuan. Selain itu hal ini juga disebabkan karena mobil terlalu sering membawa beban yang berlebihan.

Spooring dan balancing menjadi hal penting untuk dilakukan secara rutin karena memiliki manfaat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara, setir mobil yang stabil, mengembalikan posisi setir menjadi lurus, menghilangkan suara berdecit, menjaga keawetan kaki-kaki mobil (understeel), dan meningkatkan kestabilan dalam berkendara. Jika mobil kalian tidak melakukan spooring dan balancing, akan membahayakan keselamatan saat melakukan perjalanan dengan kecepatan tinggi dan menyebabkan kecelakaan.

Oleh sebab itu, perawatan ini sangat penting untuk Ottoman lakukan. Sebelum melakukan spooring dan balancing, akan lebih baik untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu terutama pada kaki-kaki mobil, seperti suspensi, link stabilizer, long tierod, dan sebagainya.

Berikut bengkel ban kami yang memiliki spooring ban

Ottoban BSD Plus

Alamat : Jl. Letnan Sutopo, Lengkong Gudang Tim., Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
No.Telp : 0811-173-3028

Ottoban Jatiwaringin

Alamat : Jl. Raya Jatiwaringin No. 43, Jaticempaka, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17411.
No.Telp : 0811-8033-551

Ottoban Duren Sawit

Alamat : Jl. Kolonel Sugiono No. 30 – 31, RW.12, Duren Sawit, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur
No.Telp : 0811-8813-029

Ottoban Bintaro Veteran

Alamat : Jl. Bintaro Utama 3A , No. 39 , blok DD , PD karya , PD Aren , samping toko gordenTangerang Selatan Banten 15225
No. Telp : 0811-9103-029

Ayo Ottoman selalu lakukan pengecekan dan perawatan spooring dan balancing pada mobil kalian, agar memiliki keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Jangan lupa datang ke toko Ottoban Indonesia sesuai dengan kota kalian untuk melakukan spooring dan balancing.

Ingin mendapatkan info menarik seputar velg & ban mobil ? yuk kepoin instagram kami @ottobanindonesia dan @catalogvelg.ottoban

Jika Ottoman & Ottoladies ingin membeli ban GT Radial bisa klik disini
Dapatkan promo ban GT Radial & Michelin untuk GRAB Benefit
Bingung untuk pilihan ban yang cocok untuk mobil kamu silakan hubungi CS



OttobanGO

Artikel Lainnya

Promo Ban & Velg

Chat
Anda Butuh bantuan ?
Hallo ada yang bisa kami bantu ?