Penyebab Ban Mobil Pecah Dijalan

Ban mobil menjadi salah satu komponen yang harus selalu diperhatikan kualitasnya. Belakangan ini banyak ban mobil yang pecah dijalan dan menyebabkan kecelakaan dijalan raya. Oleh karena itu, sebagai pengguna mobil yang aktif harus mengetahui penyebab ban mobil pecah dijalan dan bagaimana cara mengatasi ban mobil yang pecah. Kira-kira apa saja ya penyebab dan cara mengatasi ban mobil yang pecah?

Penyebab yang pertama sering melewati jalanan yang berlubang. Ini menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi karena ban sering melewati benturan keras dan menyebabkan rajutan kawat baja terputus. Jika hal tersebut terus dilakukan akan berbahaya untuk ban, terutama saat melakukan kecepatan tinggi. Perlu diketahui bahwa melewati permukaan jalan yang berlubang juga dapat membuat air suspensi mobil rusak.

Kedua, kurangnya tekanan angin ban mobil. Hal ini sering kali diabaikan oleh pengguna mobil, karena masih banyak yang menganggap jika tekanan angin yang berlebihan dapat membuat ban mobil pecah dan mengabaikan masalah tekanan angin menjadi kekurangan. Padahal faktor pendukung ban mobil pecah juga dari tekanan angin yang kurang. Tekanan angin harus selalu diperhatikan pergerakan dinding ban yang dapat menyebabkan kawat baja juga terputus. Selain itu, salah memilih ban untuk  mobil kalian juga dapat menyebabkan ban mobil pecah, karena tidak sesuai dengan medan permukaan jalannya.

Oh iya Ottoman, jika tekanan angin ban mobil kalian sudah kempes harus langsung diberikan tekanan angin yang cukup ya. Karena hal tersebut sangat mempengaruhi ban mobil kalian dapat pecah, jika ban terus dibiarkan kempes dapat menimbulkan gesekan yang panas karena memiliki tekanan yang berlebihan terhadap velg mobil yang menekan kebawah bobot mobil.

Yang ketiga, ban mobil memiliki banyak tambalan. Ban mobil dapat pecah jika tidak mendapatkan teknik tambalan yang baik. Kenapa hal tersebut dapat menyebabkan ban pecah padahal sudah ditambal? Jawabannya karena semakin besar lubang dari ban tersebut serat baja pada ban akan terputus. Jika dibiarkan secara terus menurus akan pecah.

Keempat, ban yang sudah kadaluarsa juga sangat berpengaruh pada pecahnya ban mobil kalian. Oleh karena itu, jika ingin mengganti ban harus diperiksa Kembali tanggal produksi dan tanggal kadaluarsanya. Kalian dapat periksa kode tanggal tersebur pada bagian dinding ban. Tips untuk membedakan antara ban baru dengan ban kadaluarsa dapat melihatnya dari dinding karet dan kawat yang kering. Terakhir, pada permukaan jalan terdapat benda-benda tajam atau kerikil yang dapat menusuk kedalam ban dan menyebabkan ban mobil pecah.

Cara mengatasi ban mobil yang pecah dijalan kalian jangan melakukan rem mendadak, karena hal tersebut membuat mobil semakin tidak terkendali. Disaat seperti ini harus diprediksi arah pergerakan mobil kalian. Selain itu, kemudi harus tetap lurus kedepan dan kalian bisa merasakan ban mana yang pecah. Jika sudah terasa, alangkah lebih baik nya mobil kalian tidak melaju dengan kecepatan tinggi karena akan berbahaya, dan menepi ke kiri untuk meminta bantuan dan melakukan perbaikan. Yang terpenting, jangan lupa untuk membawa ban cadangan, atau menghubungi montir untuk mengganti ban kalian yang pecah. Jangan lupa juga menyalakan lampu segitiga agar kendaraan dibelakang kalian mengetahui bahwa mobil kalian sedang bermasalah.

Perlu diingat ya Ottoman bahwa melakukan pemeriksaan terhadap ban mobil itu sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan kalian saat berkendara. Oh iya, kalau kalian ingin mengganti ban mobil kalian bisa langsung aja ke seluruh toko cabang Ottoban Indonesia diberbagai kota seperti Jabodetabek, Bali, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, dan Palembang. Atau kalian juga bisa langsung order melalui WhatsApp ONLY kita ke +62 813-1179-0153 WA ONLY dan +62 812-1290-4874.

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA