Panduan Modifikasi Velg Honda Brio

Dikutip langsung dari hondabrio.org dengan judul Acuan Modifikasi Velg dan Ban Honda Brio, salah satu target utama modifikasi Honda Brio adalah penggantian velg.

Velg aftermarket bisa membuat tampilan Honda Brio berbeda dan unik. Selain itu, modifikasi velg terbilang sangat mudah dan tidak perlu perawatan ekstra, apalagi velg yang dipilih memiliki palang yang tidak terlalu rapat.

Velg Mobil

Perlu Sahabat Otto ketahui, Velg Mobil yang lebih ringan bisa meningkatkan performa dan efisiensi penggunaan BBM, karena kerja mesin yang lebih ringan. Ban dengan tapak yang lebih lebar juga bisa memberikan handling yang lebih mantap dan stabil.

Baca juga : Ban Mobil OEM Agya & Spesifikasinya

Ada aturan praktis yang digunakan dalam modifikasi velg honda brio dan mobil lainnya. Namanya plus sizing. Aturan plus sizing ini adalah hitungan agar total diameter velg dan ban yang baru tidak berbeda jauh dari diameter velg dan ban original.

Panduan Lengkap Modifikasi Velg Honda Brio
Panduan Lengkap Modifikasi Velg Honda Brio

Merujuk pada gambar diatas ada perbedaan ketebalan ban karena penggunaan ring velg yang lebih besar. Berikut penjelasannya :

  • Plus One : Artinya lebar tapak ban naik sekitar 10 mm, sedangkan ketebalan ban turun kurang lebih 10%, dan jari-jari velg naik 1 inchi.
  • Plus Two : Artinya lebar tapak ban naik 20 mm, sedangkan ketebalan ban turun sampai 20%, dan jari-jari velg naik 1 inchi.

Aturan diatas itu hanya sebagai acuan modifikasi velg honda brio kamu Sahabat Otto, bukan sesuatu yang baku. Jadi Sahabat Otto bisa bereksperimen sendiri, tapi tetap utamakan keselamatan & kenyamanan berkendara.

Baca Juga : Modifikasi Velg Mitsubishi Xpander, Tampil Beda di Kelas MPV

Ban Mobil

Selain modifikasi velg honda brio, Sahabat Otto jangan lupakan juga bijak dalam memilih ban. Membaca ban terbilang sangat mudah. Contoh misalnya ban OEM (Original Equipment Market) Honda Brio adalah 175/65/14.

  • 175 : Artinya lebar tapak ban
  • 65 : Artinya ketebalan ban
  • 14 : Artinya ukran jari-jari velg

Pada umumnya ukuran velg adalah kombinasi angka jari-jari dan lebar velg, misal 14 x 5, artinya jari jari velg adalah 14 inchi dan lebar velg adalah 5 inchi. Agar ban dan velg bisa bekerja optimal, maka lebar velg antara 70% – 100% dari ukuran ban.

Table Standar Lebar Velg Mobil Vs Ban Mobil

Ukuran BanLebar Velg
175/75R145.0″
195/75R155.5″
215/75R156.0″
235/75R156.5″
225/75R156.0″
225/70R156.5″
225/65R166.5″
225/60R156.5″
225/55R157.0″
225/50R157.0″
225/45R177.5″
225/40R188.0″

Lalu apa itu Offset? offset adalah jarak antara tempat baut velg dengan garis tengah velg. Positive offset artinya mounting velg terletak di depan garis tengah velg, efeknya velg jenis ini akan membuat ban kita masuk lebih ke dalam fender. Namun sebaliknya jika velg memiliki offset negatif artinya ban akan menonjol keluar fender.

Baca Juga : Toyo Proxes R1R, Ban Untuk Para Pembalap dari Toyo

Saat Sahabat Otto memilih lebar velg/ban, cek terlabih dahulu backspacing Honda Brio, jadi saat stir dibelok patah, ban tidak ‘nge-gas-ruk’ atau menyentuh sistem suspensi di dalam. backspacing adalah ruang yang tersisa antara ban dan suspensi mobil kita

Baut Velg Mobil

Pola baut velg dinyatakan dengan 4×100 dan sebagainya, artinya velg itu menggunakan 4 baut dan PCD (pitch circle diameter) adalah 100 mm. PCD adalah jarak antar lubang baut pada velg melalui titik pusat velg.

Pilihan Velg Untuk Mobil Honda Brio

Berikut Kami share referensi velg untuk modifikasi velg Honda Brio, mungkin Sahabat Otto sudah menggunakannya terlebih dahulu.

Itulah Sahabat Otto panduan modifikasi velg Honda Brio beserta rekomendasi velg dari Ottoban. Apabila ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar atau hubungi kami melalui live chat whatsapp.

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA