Mitos Atau Fakta Semir Bikin Dinding Ban Kering?

Untuk mempercantik tampilan mobil pasti ingin menggunakan perawatan yang terbaik. Salah satu perawatan mobil yang sering dilakukan sehari-hari adalah pemakaian semir ban. Hal ini dilakukan agar tampilan ban mobil terlihat lebih hitam tegas dan mengkilat. Tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa pemakaian semir ban dapat merusakan dinding karet ban menjadi kering. Semir ban pada dasarnya merupakan perawatan aksesoris yang menarik perhatian dan bersifat tidak permanen. Dianjurkan untuk menggunakan semir ban yang berkualitas tinggi dengan kandungan yang baik didalamnya.

Jadi pemakaian semir pada ban itu mitos atau fakta?

Semir ban  memiliki dua jenis yaitu yang pertama terbuat dari silicon yang dapat mencegah keretakan ban pada saat panas dan hujan. Kedua adalah water base, jika ban dicuci akan hilang semir tersebut. Semir ban berfungsi untuk melembutkan karet dinding ban dan memberikan efek pekat. Semir ban juga dapat melindungi ban dan mencegah ozon crack. Ozon crack merupakan istilah yang menggambarkan keretakan yang terjadi pada ban. Ozon crack terbuat dari barang-barang karet seperti selang gas, gasket dan ban. Keretakan yang terjadi pada ozon crack terjadi ketika gas O3 terkena ban dengan jangka waktu tertentu yang akan menyebabkan ban memutuskan senyawa didalamnya serta menghasilkan keretakan pada karet dinding ban. Tetapi, penggunaan semir pada ban tidak dianjurkan untuk digunakan terlalu sering. Akan lebih baik jika digunakan 1-2 kali dalam sebulan, karena akan beresiko pada ban.

Penggunakan semir pada ban tidak memberikan pengaruh terhadap kerusakan karet dinding ban mobil. Semir ban yang dianggap dapat merusak karet dinding ban tidak benar. Penggunaan semir ban akan menghilang ketika mobil dicuci, dan salah satu fungsi dari semir ban adalah ingin memberikan tampilan yang hitam pekat dan mengkilat jika mobil belum dicuci. Pada saat kondisi PSBB seperti ini, penggunaan semir pada ban sangat berfungsi dengan baik. Karena mobil akan jarang digunakan dan lebih sering terkena matahari secara langsung. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi karet dinding ban agar tidak mudah retak dan cepat kering. Penggunaan semir ban juga berbeda untuk dashboard dan bumper, jangan disamakan ya Ottoman karena memiliki fungsi yang berbeda.

Ayo Ottoman lebih bijak lagi dalam menerima berbagai informasi, dan mencari kebenaran dari informasi tersebut. Agar Ottoman dapat membedakan antara mitos dan fakta yang ada. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kalian yang bingung mengenai mitos atau fakta bahwa semir ban dapat menyebabkan kerusakan pada dinding ban mobil. Ottoman juga bisa langsung cek instagramnya @ottobanindonesia dan @catalogvelg.ottoban atau bisa langsung hubungi melalui WhatsApp kita ke +62 813-1179-0153 dan +62 812-1177-7719.

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA