KENALI PENYEBAB HYDROPLANING

Hi Ottoman kalian tau ga sih ? Permasalahan di musim hujan kali ini adalah banyak pengendara yang kurang fokus saat berkendara karena cuaca yang gelap sehingga penglihatan pun kurang fokus melihat jalan, bahkan saat terjadi hujan jalanan menjadi licin karena terguyur derasnya hujan. Sehingga saat musim hujan seperti ini banyak pengedara mobil yang tergelincir dan mobil tidak bisa di kendalikan saat melewati genangan air, tak jarang saat kondisi seperti ini bisa saja terjadi kecelakaan fatal contohnya banyak mobil saat melewati becekan air berputar bahkan mobil terguling saat berkendaraa.

Lalu apa ya Ottoman kira-kira penyebab mobil bisa seperti itu? Nih Om Otto kasih tau ya, Jadi dalam dunia otomotif ada istilah hydroplaning.  Ini adalah kondisi ban mobil kehilangan traksi (penampakan) pada permukaan jalan saat melintasi genangan air saat hujan. Hydroplaning ini bisa terjadi saat air terakumulasi di atas ban mobil. Jika mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi, tekanan ban pada jalan akan berkurang. Nah di sini kondisi ban menjadi faktor sangat penting. Bila ban sudah gundul sebagian air tidak dapat dipindahkan, tetap tertahan di bawah ban membentuk lapisan tipis, sehingga kendaraan tidak menyentuh permukaan jalan. Ban mobil akan mengambang di atas air sehingga meluncur sendiri tak terkendali. Jika terjadi demikian, kemudi dan rem tak berfungsi.

Nah berikut penyebab terjadinya hydroplaning :

1. Kurang Tekanan Angin

Yang pertama tekanan angin ban tidak harus mengikuti pabrikan aja nih Ottoman, tetapi ada hal yang lebih penting untuk menjaga keamanan selama berkendara. Terlebih mengemudi saat kondisi hujan di mana daya cengkeram ban juga tidak sebagus saat aspal dalam kondisi kering. Untuk itu, pemilik kendaraan wajib memastikan bahwa tekanan udara ban sudah sesuai sebelum digunakan. Karena kurangnya tekanan angin juga bisa loh menyebabkan terjadinya hydroplaning, saat tekanan udara ban kurang maka tidak memiliki contact patch atau area kontak dengan aspal yang maksimal. Kondisi ini membuat daya cengkeram ban juga menjadi berkurang atau tidak sebagus ketika tekanan udaranya sesuai.

2. Berkendara Dengan Kecepatan Tinggi

Yang kedua ini sangat penting loh Ottoman, jangan pernah kalian mengendarai kendaraan kalian dengan kecepatan tinggi saat hujan karena jika kendaraan melewati genangan air bisa menyebabkan tapak ban kehilangan daya cengkeramnya atau hydroplaning. Tidak ada cara untuk menghindari terjadinya hydroplaning ini, tetapi Ottoman bisa mencegahnya dengan cara mengurangi kecepatan berkendara saat hujan.


3. Kondisi Ban Aus

Yang terakhir penyebab terjadinya hydroplaning yaitu kondisi pada ban itu sendiri. Untuk menghindari terjadinya hydroplaning sebaiknya Ottoman memastikan kondisi ban mobil masih bagus atau belum aus. Jika ban sudah aus maka potensi terjadinya hilang daya cengkeram ban juga lebih besar dibandingkan ban yang kondisinya masih bagus, karena hydroplaning sering terjadi pada mobil yang kondisi bannya sudah mulai aus atau gundul, untuk itu kalian sebelum berkendara harus selalu mengecek kondisi ban kalian.


×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA