KENALI PENYEBAB BAN MOBIL BENJOL

Pernah ga sih Ottoman mengalami ban mobil yang baru dipakai beberapa minggu menjadi benjol? Kondisi seperti ini dibenci oleh pengendara karena sangat mengganggu kenyamanan ketika berkendara dan bisa juga menyebabkan kecelakaan.

Ban benjol disebabkan masuknya udara di antara dua lapisan pembentuk ban. Udara tersebut akan berkembang saat ban dipakai di jalanan dan terkena panas baik itu dari gesekan maupun langsung dari matahari. Udara yang mengembang dalam lapisan itulah yang membuat ban menjadi benjol. Saat digunakan yang rata akan terasa terguncang-guncang, seperti berkendara di jalanan yang tidak rata.

Penyebab dari ban menjadi benjol bermacam-macam, diantaranya yaitu ketidaktelitian saat proses produksi, pengisian angin dengan tekanan berlebihan, dan bisa juga dikarenakan ben deformasi bentuk yang disebabkan karena kurang tekanan serta beban yang berlebihan. Selain itu bisa juga disebabkan terkena batu atau paku.

Ban yang benjol bisa dilihat dari getaran yang ditimbulkan saat kendaraan digunakan di jalanan yang lurus dan beraspal halus. Apabila getaran yang ditimbulkan sering ketika melaju kencang, itu artinya ban mengalami benjolan. Tapi harus bisa dibedakan, apabila ban menjadi bergetar atau berisik bisa jadi ban menginjak tanah liat dan menempel di ban.

Ban benjol tidak bisa diperbaiki lagi, harus diganti dengan yang baru. Apabila akan ditambal pun tidak akan bisa menjamin ban bisa digunakan dengan baik lagi karena semakin lama digunakan, ban benjol akan merembet terus robekannya.

Nah itu dia info dari Om Otto mengenai penyebab terjaidnya ban mobil Ottoman , semoga bermanfaat ya ๐Ÿ™‚

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA