DIMANAKAH PASANG 2 BAN BARU ?

Banyak banget nih Ottoman yang nanyain ke Om otto pengen ganti ban mobil tapi cuma 2 doang bisa ga? terus harus dipasang didepan atau belakang sih sebenernya?

Yuk langsung kita bahas aja Ottoman karena banyak banget mitos yang bilang katanya sepasang ban baru sebaiknya ditaruh diporos roda depan karena ban depan merupakan poros kemudi (steering) sehingga sebaiknya ditempatkan roda yang memiliki grip paling baik. Sebenarnya anggapan itu tidak sepenuhnya salah karena poros tersebut poros kemudi. Tapi juga tidak sepenuhnya benar karena pergerakan/perilaku arah mobil tidak sepenuhnya berasal dari arah kemudi.

Terus yang benar pasang  dimana dong om? ban yang benar-benar baru sebaiknya ditempatkan dibagian belakang dan ban lama ditempatkan dibagian depan, Kenapa emang sih harus dipasang dibelakang bukan didepan? Karena dalam berkendara ada istilah oversteer dan understeer, nah yang dimaksud dengan oversteer adalah situasi dimana ban belakang kehilangan traksi, membuang atau selip. Hal ini bisa terjadi karena setir yang diputar secara tiba-tiba, memasuki belokan dengan kecepatan tinggi atau karena kembang ban yang sudah tipis sehingga ban mobil kalian kehilangan traksi, kalau untuk understeer justru kebalikannya. Roda depan kehilangan traksi, setir sudah dibelokkan tetapi mobil jalan cenderung lurus alias tidak mau belok dan akhirnya mobil nyelonong keluar jalan.

Secara teknis gelaja understeer akan lebih mudah diatasi oleh pengemudi karena setir dipegang oleh pengemudi, sedangkan kalau yang terjadi oversteer sulit buat pengemudi untuk mengembalikan ke dalam keadaan normal karena oversteer lebih susah dikendalikan ketimbang understeer , jadi kalau Ottoman udah beli ban baru atau mau ganti ban baru tapi hanya ingin mengganti 2 ban mobil aja, sebaiknya kalian taruh di bagian belakang agar gejala oversteer bisa diminimalisasi karena traksi akan lebih baik soalnya gelaja understeer sering kali terjadi kepada mobil=mobil berpenggerak roda depan, sementara untuk gejala oversteer sering terjadi pada mobil-mobil berpenggerak roda belakang.

Itu dia tips dari Om Otto semoga dapat bermanfaan ya untuk Ottoman semua 🙂

Leave a comment

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA