Cara Menghitung Tekanan Angin Ban Mobil

Setiap jenis kendaraan memiliki tekanan ban yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan bentuk, ukuran hingga fungsi ban tersebut. Oleh karena itu, tekanan ban mobil harus diperhatikan agar selalu memiliki performa yang maksimal saat berkendara. Karena ban mobil merupakan komponen pentik pada sebuah mobil.

Melakukan pengecekan tekanan angin ban mobil merupakan salah satu cara untuk meminimalisirkan bahaya yang tidak terduga. Tekanan angin pada ban yang terlalu tinggi juga tidak disarankan karena akan mengganggu keamanan dan kenyamanan kalian saat berkendara. Kondisi ban yang keras akan memberikan efek yang sensitive terhadap permukaan jalan yang dilalui, karena berpotensi untuk menimbulkan kerusakan pada beberapa bagian yang menyebabkan getaran yang keras. Selain itu, hal ini juga dapat mempercepat terjadinya keausan pada ban terutama pada bagian tengah ban.

Pada sisi lainnya, tekanan angin pada ban yang terlalu rendah juga sangat tidak disarankan karena dapat merusak ban mobil dan mempercepat terjadinya keausan pada ban terutama bagian tepi ban mobil. Kondisi ban mobil yang seperti ini dapat membuat kendaraan lebih berat untuk dikendalikan dan memaksakan power steering untuk bekerja lebih maksimal, sehingga akan menyebabkan boros bahan bakar.

Cara untuk mengetahui tekanan angin ban mobil yang tepat yaitu dengan cara melihat kode pada ban. Kode tersebut terletak pada sticker yang tertempel pada pilar pintu pengemudi. Dengan mengetahui arti kode tersebut akan lebih memudahkan kalian untuk mengetahui ukuran tekanan angin ban mobil kalian.

Yang kedua dapat melakukan pengukuran menggunakan alat pengukur tekanan ban. Alat pengukur tekanan ban ini terbagi dua jenis yaitu pengukuran tekanan ban analog dan digital. Untuk pengukuran tekanan ban analog biasanya berbentuk silinder dengan penunjuk berbentuk jarum. Terdapat lingkar jarum yang berfungsi untuk mengetahui satuan tekanan psi, bar, dan sebagainya. Selanjutnya untuk pengukuran tekanan ban digital berbentuk lebih modern karena menggunakan angka numerik yang menampilkan satuan tekanan psi, bar, kpa, dan sebagainya. Kemampuan pengukuran tekanan ban digital dinilai lebih akurat dibandingkan pengukuran ban analog, karena menunjukan akurasi angka sampai titik koma dibelakangnya.

Selain itu, jika ban mobil kalian sudah diganti dengan ban dengan ukuran yang berbeda dengan ukuran standar mobil nya, maka untuk pencapaian beban maksimum dari ban harus disesuaikan dengan ban yang sebelumnya. Untuk itu, perlu mengetahui kode load index dari ban standar sebelumnya digunakan, lalu cocokan dengan table load index. Setelah itu kalian akan mengetahui berapa tekanan angin yang pas untuk ban mobil kalian Ottoman.

Sebelum melakukan hal-hal diatas, alangkah lebih baiknya kalian peduli dan selalu melakukan pemeriksaan terhadap kondisi ban mobil sebelum melakukan perjalanan. Jika kalian ingin mengganti ban mobil bisa langsung aja ke seluruh toko cabang Ottoban Indonesia diberbagai kota seperti Jabodetabek, Bali, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, dan Palembang. Atau kalian juga bisa langsung order melalui WhatsApp ONLY kita ke +62 813-1179-0153 WA ONLY dan +62 812-1290-4874.

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA