Ban Mobil Mempunyai Masa Kadaluwarsa, Mitos atau Fakta?

Kalau berbicara mengenai ban mobil memang tidak akan pernah ada habisnya, salah satunya bicara mengenai masa kadaluwarsa atau usia ban. Sering kali berita mengenai ban mobil beredar di berbagai media dengan kabar yang simpang siur, tanpa ada bukti benar akan adanya berita tersebut. Sama halnya dengan berita atau kabar mengenai bahwa ban “katanya” memiliki masa kadaluwarsa. Nah sebenarnya gimana sih? Benar atau tidak sih pernyataan itu? Mari kita simak di artikel ini.

Banyak orang yang salah kaprah soal penyamatan kode produksi di dinding ban. Sebenarnya di ban sendiri itu tidak ada percantuman tanggal kadaluwarsa, yang ada justru adalah kode produksi yang memang menandakan tahun pembuatan dari ban itu sendiri.

Kita ambil contoh, apabila di dinding ban ada tulisan 2018 itu tandanya ban kalian dibuat pada minggu ke-20 tahun 2018. Bukan berarti ban kalian itu kadaluwarsa pada tanggal itu.

Bukan berarti juga misalnya kalian membeli mobil di Maret 2019, sedangkan mobil yang kalian terima memakan ban yang produksinya malah 2018. Nah itu bukan berarti ban mobil kalian sudah kadaluwarsa. Meski ban produksi 2018 dan digunakan pada mobil keluaran 2019, tapi ban mobil secara pemakaian masih normal apalagi kalau kalian merawat dengan baik. Contoh merawat dengan baiknya seperti misal tidak lupa mengecek tekanan udaranya, hal itu sudah pasti ban mobil kalian kualitasnya tetap terjamin sampai tiga tahun kedepan.

Nah sebenarnya yang akan jadi masalah adalah ketika ban yang tidak digunakan lalu disimpan lebih dari satu atau dua tahun dengan cara yang salah. Kondisi seperti itulah yang akhirnya akan membuat ban bisa rusak. Biasanya faktor kerusakan terjadi karena adanya ketidak cocokan soal suhu dan kelembaban udara atau bisa juga dikarenakan faktor eksternal, seperti misalnya permukaan ban yang kena cairan kimia saat disimpan. Cairan kimianya seperti misalnya oli atau bensin.

Jadi kesimpulannya, mitos atau fakta ban mempunya masa kadaluwarsa? Jawabannya adalah mitos. Hal yang terpenting adalah rawat ban mobil kalian dengan baik, jangan lupa untuk selalu cek tekanan udara ban mobil kalian. Jika memang sudah harus ganti, jangan lupa untuk segera ganti ban mobil kalian demi keselamatan diri kalian sendiri.

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA