Apa Saja Manfaat Rotasi Mobil?

Ban merupakan komponen terpenting pada sebuah kendaraan. Karena menjadi komponen terpenting, ban harus selalu dilakukan pengecekan dan perawatan secara rutin agar tidak menimbulkan kerusakan dan mendapatkan keamanan serta kenyamanan saat berkendara. Tidak hanya kenyamanan tetapi juga performa dari ban harus diperhatikan karena bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Keselamatan pengemudi juga bergantung kepada kondisi ban, jika kondiri ban buruk akan berbahaya bagi pengemudi. Perawatan pada ban yang dapat dilakukan seperti mencuci menggunakan sabun, mengecek tekanan angin, rotasi, spooring dan balancing, dan sebagainya. Jadi apa sih pentingnya rotasi pada mobil? Yuk kita bahas bersama Ottoman.

Manfaat melakukan rotasi mobil yaitu dapat meratakan tingkat keausan ban yang tidak hanya ada pada satu bagian. Ban yang digunakan pun dapat lebih lama bertahan atau memperpanjang umur ban mobil dan dapat menghemat biaya penggantian ban. Rotasi ban harus dilakukan secara rutin, karena setiap posisi ban mobil bisa mengalami kondisi yang berbeda-beda. Jika tidak melakukan rotasi, ban bagian depan yang memiliki fungsi untuk bekerja lebih berat akan lebih cepat habis karena sering dibuat untuk berbelok.

Dengan melakukan rotasi ban, tingkat keausan tapak dan kedalaman celah akan menjadi sama pada setiap posisi ban. Hal tersebut dapat membuat traksi ban akan tetap stabil pada saat melakukan kecepatan tinggi, dan mempunyai pengereman yang kuat. Rotasi ban dianjurkan kepada keempat ban agar mendapatkan hasil maksimal. Sebelum melakukan rotasi ban juga perlu diketahui terlebih dahulu apakah mobil tersebut memiliki sistem penggerak roda bagian depan dan bagian belakang atau biasa disebut Front Wheel Drive (FWD).

Cara melakukan rotasi juga berbeda-beda, ada yang dari roda bagian belakang yang pindah ke bagian depan dan begitu juga sebaliknya, menyilang dan sejajar akan disesuaikan kembali dengan tipe penggerak roda nya. Dalam melakukan rotasi ban memiliki aturannya sendiri agar tidak terjadi kesalahan kerusakan pada ban. Jika ingin melakukan rotasi ban, sebaiknya kilometer mobil sudah mencapai 5.000 sampai 10.000 atau dilakukan bersamaan dengan service mobil. Apabila ban depan mengalami keausan, maka ban tersebut tidak dianjurkan untuk melakukan rotasi karena harus mencari ketebalan ban yang masih cukup bagus untuk bagian depan karena mempunyai fungsi untuk mengatur arah laju mobil agar sesuai dengan kendali setir mobil.

Inget ya Ottoman, melakukan rotasi ban mobil itu penting loh. Mulai saat ini Ottoman harus lebih peduli terhadap kendaraannya agar aman saat berkendara. Jangan lupa untuk datang ke toko Ottoban Indonesia sesuai dengan kota kalian, atau langsung saja kepoin @ottobanindonesia dan @catalogvelg.ottoban dan bisa hubungi melalui WhatsApp kita ke +62 813-1179-0153 dan +62 812-1290-4874.

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA