Apa Itu Tread Wear Indicator?

Sebelum berkendara baik menggunakan mobil atau motor memang wajib untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi ban agar mendapatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Pengecekan ban dapat dilakukan dengan memeriksa tekanan angin sampai ketebalan telapak ban. Tetapi, apakah Ottoman tau bahwa pada sebuah ban biasanya terdapat beberapa kode yang tidak pernah diketahui apa fungsi dan artinya? Hal seperti itu biasanya tidak pernah dipedulikan oleh sebagian masyarakat pengguna kendaraan.

Nah Ottoman, kode yang ada pada ban itu disebut Tread Wear Indicator (TWI) yaitu indicator pada pemakaian telapak ban atau biasa disebut sebagai tanda keausan pada telapak ban. Istilah yang sering digunakan adalah tanda bahwa ban telah mengalami kebotakan. Tanda ini digunakan untuk menunjukan batas pemakaian pada sebuah ban, serta memiliki ciri-ciri fisik yang terletak diantara alur ban seperti garis berukuran sedang atau pada dinding ban yang berbentuk segitiga dengan ukuran yang kecil. Tanda segitiga Tread Wear Indicator harus dilakukan pengecekan setidaknya minimal dua minggu sekali bersama dengan pengecekan tekanan angin. Terdapat enam tanda pada setiap ban. Fungsi dari Tread Wear Indicator sebagai tanda apakah ban yang sudah dipakai masih layak untuk digunakan atau sudah tidak layak karena menunjukan keausan ban karena terlalu sering terkena permukaan jalan. Jika ketebalan alur ban telah menyentuh sampai batas 1,6 milimeter, itu tandanya ban harus segera diganti. Biasanya terdapat benjolan diantara blok telapak ban yang sudah mencapai angka tersebut. Apabila pada sebuah ban telah terlihat lapisan serat benang atau baja, hal ini dapat membahayakan karena bisa menimbulkan resiko pecah ban. Dalam jangka waktu penggantian ban biasanya sekitar 60.000 km dan tergantung dengan seberapa sering kendaraan digunakan. Kondisi normal ban sekitar dua sampai tiga tahun, jika sudah melebihi batas waktu ban harus segera diganti.

Tread Wear Indicator terdapat pada setiap jenis dan merek ban, baik pada ban mobil atau pun motor. Tanda ini sering kali diabaikan oleh masyarakat, tetapi hal yang diabaikan justru merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Sebelum menggunakan kendaraan, lebih baik untuk memahami terlebih dahulu apa saja yang harus diperhatikan pada kondisi kendaraan. Nah Ottoman, jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan terlebih dahulu ya terhadap kondisi kendaraan kalian.

Mengetahui informasi mengenai kendaraan memang menjadi hal yang penting agar tidak terjadi kesalahan. Nah Ottoman, ayo lebih peduli terhadap kendaraan pribadi kalian.

Kalian juga bisa melakukan pembelian ban mobil di seluruh toko cabang Ottoban Indonesia diberbagai kota.

Untuk mendapatkan info ter-update dari Om otto kalian bisa follow instagram kami di @ottobanindonesia & @catalogvelg.ottoban

Informasi ter-update tentang kendaraan bisa akses youtube channel kami di @ottobanindonesia

Bingung untuk pilihan ban yang cocok untuk mobil kamu silakan hubungi CS

Dapatkan promo harga ban GRAB Benefit untuk ban GT Radial & Michelin.



OttobanGO

Artikel Lainnya

Promo Ban & Velg

Chat
Anda Butuh bantuan ?
Hallo ada yang bisa kami bantu ?