Apa Gunanya Centering?

Apa Gunanya Centering?

Center ring merupakan komponen penting yang harus ada pada kendaraan kalian. Dalam pemanfaatannya center ring berfungsi untuk menumpu tempat velg sebagai presisi. Kalo kita perhatikan tidak ada velg tanpa center ring, begitu juga sebaliknya.

Seperti namanya, komponen center ring ini berbentuk seperti cincin. Fungsi dari komponen ini sangat signifikan. Biasanya letak komponen center ring terdapat diantara tromol dan velg. Ukuran komponen center ring juga biasanya disesuaikan dengan ukuran velg agar dapat berfungsi sesuai kegunaannya.

Tetapi tidak jarang terdapat ukuran center ring yang tidak sesuai dengan ukuran velg, yang menjadi perbedaan adalah ukuran center ring dapat lebih besar ataupun lebih kecil. Biasanya velg memiliki ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan jenis mobil tersebut, oleh karena itu ukuran komponen tersebut pun berbeda pula.

Jika ukuran komponen center ring tidak pas atau sesuai dengan velg akan sangat membahayakan. Kenapa? Karena akan membuat mobil terasa sekali getarannya dan menimbulkan mobil tidak stabil saat melaju. Umumnya getaran tersebut akan terasa jika mobil melaju dalam kecepatan 80km/jam.

Nah ada nih bahaya lainnya yang dapat ditimbulkan kalo ukuran center ring berbeda dengan velg adalah umur bearing roda akan lebih pendek. Umur bearing yang singkat tersebut disebabkan karena titik tumpu kendaraan jauh lebih berat dari sewajarnya. Bukan hanya itu saja, mobil jadi lebih boros BBM, penurunan performa, serta kemampuan pengereman akan menurun drastis. Hal ini disebabkan karena bobot roda yang bertambah sehingga torsi yang dibutuhkan untuk memutarpun semakin besar.

Jika keadaan center ring tidak sesuai dengan velg dan dibiarkan saja, maka bukan hanya menimbulkan bahaya, namun dapat merusak velg dan komponen berkaitan lainnya.

Nah, buat kalian yang sudah ganti velg namun belum memakai center ring, kalian bisa temukan center ring di seluruh cabang Ottoban.

Kalian juga bisa melakukan pembelian ban mobil di seluruh toko cabang Ottoban Indonesia diberbagai kota.

Untuk mendapatkan info ter-update dari Om otto kalian bisa follow instagram kami di @ottobanindonesia & @catalogvelg.ottoban

Informasi ter-update tentang kendaraan bisa akses youtube channel kami di @ottobanindonesia

Bingung untuk pilihan ban yang cocok untuk mobil kamu silakan hubungi CS

Dapatkan promo harga ban GRAB Benefit untuk ban GT Radial & Michelin.



OttobanGO

Artikel Lainnya

Promo Ban & Velg

Chat
Anda Butuh bantuan ?
Hallo ada yang bisa kami bantu ?