4 Tanda Ban Mobil Harus Diganti Secepatnya

Merupakan satu-satunya bagian yang kontak langsung dengan permukaan jalan, sehingga keberadaannya sangat penting. Namun masih banyak yang meremehkan fungsi ban. Acapkali tekanan angin ban tidak diperhatikan, apalagi kondisi secara fisik. Padahal dampaknya sangat fatal. Kecelakaan sering terjadi diakibatkan pecah ban atau kondisi yang sudah aus.

Terlepas banyak faktor yang membuat ban jadi penyebab kecelakaan, intinya, harus rutin diganti. Agar perjalanan aman dan lancar, perhatikan kondisi ban terlebih dahulu. Bila menemukan 4 indikator ini, sebaiknya ganti ban baru dulu.

  1. Perhatikan usia pemakaian ban

Ban mempunyai usia pakai. Tidak serta merta mobil yang jarang jalan selama bertahun-tahun, tak perlu mengganti ban karena masih tebal. Kondisi karet tentunya mengalami penurunan. Umumnya, pihak produsen merekomendasikan pemakaian ban selama 6 sampai 10 tahun. Jika mobil rutin digunakan dalam pemakaian normal, jarak tempuh maksimal biasanya mencapai 40 ribu km.

  • Di sisi ban mobil kalian adanya benjolan

Seiring pemakaian, bagian luar dan dalam ban semakin lemah. Meski tidak pasti terjadi, ban bisa timbul benjolan di area kembangan atau dinding. Ibarat pembuluh darah manusia pecah, hal serupa juga terjadi di ban. Penyebab ban benjol bisa dari pengisian angin yang terlalu berlebihan dan sering menghajar lubang. Ban yang sudah tua juga bisa mengalami perubahan bentuk. Jika terus dibiarkan, benjol bisa terjadi di tapak dan dinding. Ban yang benjol dapat dirasakan dari getaran atau terasa goyang saat mobil berjalan.

  • Adanya retakan-retakan pada ban

Retakan di kembangan dan dinding ban, tidak hanya terjadi di ban yang sudah botak saja. Bisa jadi kualitas ban jelek atau pengaruh cuaca. Jangan dibiarkan, karena mungkin saja menyebabkan kebocoran dan bisa meletus sewaktu-waktu. Untuk mencegah kejadian tak diinginkan, lebih baik segera mengganti ban baru.

  • Kembangan ban mobil kalian sudah tipis

Selain beberapa kondisi sebelumnya yang bersifat standar umum dari pabrikan ban, ada satu lagi kondisi yang menyebabkan ban harus segera diganti, yaitu gundul. Walaupun hanya di tengah, sedangkan di bagian tepi kembangnya masih bagus, sebaiknya ban harus diganti. Tidak perlu menunggu bagian lain ban gundul baru diganti karena bisa berisiko pada keselamatan Anda dalam berkendara.

Yuk sekarang langsung cek aja kondisi ban kalian, kalo ban mobil kalian udah ada tanda ciri-ciri di atas itu tandanya ban mobil kalian sudah harus diganti demi kenyamanan dan safety kalian dalam berkendara kalo kalian bingung mau ganti ban mobil dimana, ya jawabannya di Ottoban!

Di Ottoban kalian bisa menemukan berbagai macam merek ban mobil dan ban mobil untuk mobil kalian 😀

Ingin mendapatkan info menarik seputar velg & ban mobil ? yuk follow instagram kami @ottobanindonesia

Kalian juga bisa langsung order melalui WhatsApp Only :
+62 811-1966-228
+62 812-1290-4874

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA