4 Faktor yang Mempercepat Umur Ban Mobil

Merawat ban memang wajib untuk para pengguna mobil ataupun motor karena ban merupakan salah satu bagian komponen kaki-kaki yang berperan langsung yang bersentuhan dengan tanah. Karena memiliki peran yang cukup penting, maka dari itu ban menjadi faktor keselamatan dalam berkendara di jalan raya.

Namun jika pemakaian ban yang tidak benar dan kurangnya perawatan maka dapat mempengaruhi usia ban mobil sehingga lebih cepat aus ataupun tidak layak pakai. Nah lalu apasih faktor yang mempercepat umur ban mobil kalian?

  1. Tekanan Angin
    Faktor pertama yang memperpendek umur ban mobil adalah tekanan udara karena apabila tekanan udara kalian kurang akan menyebabkan ban mobil lebih cepat rusak.
    Dalam ban mobil sendiri terdapat yang namanya ring kawat, jika tekanan angin kurang maka kawat yang berada di dalam ban akan menjadi lebih menahan beban. Tekananan angin yang kurang juga bisa mempercepat keausan ban secara tidak rata, ban bagian tapak luar akan lebih cepat aus.
    Tekanan angin yang ideal adalah tekanan yang tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah dan tekanan ideal ban biasanya bisa kalian lihat di stiker frame pilar sebelah kanan.
  2. Spooring dan Balancing
    Spooring dan balancing biasanya dilakukan disaat mobil kalian sudah tidak stabil atau dapat dibilang ketika kalian berkendara ban mobil depan ataupun belakang tidak lurus dan bergerak ke arah tertentu.
    Nah maka dari itu kalian jangan sampai mengabaikan perawatan kaki-kaki mobil kalian terutama dalam hal menjaga sudut ban atau spooring serta balancing.Karena ban yang sudutnya sudah tidak tepat atau tidak selaras dapat membuat cepat aus dengan daerah tapak yang tidak merata.
  3. Gaya Mengemudi
    Percaya tidak percaya, cara mengemudi kalian juga dapat menentukan cepat atau lambatnya usia ban kendaraan. Contoh gaya mengemudi yang bisa menyebabkan cepatnya usia ban kendaraan, disaat kalian sering melakukan rem mendadak dan sering berakselerasi sehingga hal itulah yang dapat membuat ban mobil kalian menjadi cepat botak / aus.
  4. Berat kendaraan
    Nah faktor lainnya juga bisa dari berat kendaraan mobil kalian karena ban mobol sendiri juga memiliki batas beban maksimum. Jika kalian melebihi batas maksimum berat, bisa menyebabkan ban mobil cepat rusak. Kenapa? Karena semakin berat akan membuat ban lebih menakan ke permukaan aspal.
    Hal ini hampir sama dengan tekanan udara yang berkurang, berat yang berlebihan dapat membuat tapak ban lebih lebar dan cepat aus. Makanya kalian jangan terlalu membawa barang yang berat-berat ya.

Nah itu dia 4 faktor utama yang dapat mempercepat umur ban mobil kalian. Kalau kalian ingin ban mobil kalian tetap awet, jagalah sebaik mungkin ban mobil kalian dan hindari 4 faktor di atas.

Tapi walaupun ban mobil kalian kelihatannya masih awet dan baik-baik saja, kalian harus ingat bahwa mengganti ban mobil setiap 4 tahun sekali itu juga perlu. Jadi jangan lupa juga ya untuk ganti ban mobil kalian kalau sudah waktunya!

×

Hallo!

Klik perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email ke [email protected]

× LIVE CHAT WA